Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Polda Bersama Forkopimda se-Gorontalo Lakukan Penyemprotan Disinfektan Masal

Dulohupa.id – Sebagai upaya untuk menjaga keselamatan warga dari penularan wabah virus corona atau Covid-19, Kapolda Gorontalo Brigjend Pol Dr. Adnas,M.SI, turun langsung dalam melakukan penyemprotan Disinfektan Masal.

Kapolda Gorontalo. Dr. Adnas,M.SI mengatakan bahwa, Berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/868/III/KEP/2020 tentang Antisipasi Perkembangan Pandemik Virus Corona, hari ini Selasa (31/03/2020) seluruh jajaran kepolisian se Indonesia menggelar Gerakan Serentak Penyemprotan Disinfektan secara massal. Tidak terkecuali dengan Polda Gorontalo yang melaksanakan kegiatan serupa.

Dalam kesempatan tersebut dikatakan oleh Kapolda, pihaknya menggandeng Forkopimda Propinsi Kabupaten dan Kota yang diawali dengan apel di lapangan Mapolda Gorontalo dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yakni physical distancing.

Lanjut menurut Kapolda Gorontalo Dr. Adnas, M.SI, penyemprotan Disinfektan secara masal di jajaran Polda Gorontalo dan pemerintah daerah adalah untuk mendukung keselamatan masyarakat dengan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah Propinsi Gorontalo.

“Gerakan penyemprotan disinfektan secara massal ini, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, sebagai wujud kepedulian Polri beserta TNI dan Pemda yang Bersatu mencegah penyebaran wabah corona demi keselamatan masyarakat. Untuk pagi tadi, kita siapkan 5 rute dengan melibatkan seluruh kendaraan AWC milik Direktorat Samapta, SatBrimobda dan juga Polres disamping kita libatkan juga kendaraan Damkar milik Pemda ”ujar Adnas.

Lebih lanjut, Kapolda Gorontalo mengatakan, dalam penyemprotan disinfektan dilaksanakan sesuai ketentuan. “Dalam penyemprotan disinfektan kita berpedoman pada standar WHO dan rekomendasi dari Pusdokkes Polri ,antara lain menggunakan larutan klorin dgn kadar aman dan dalam hal penyemprotan diarahkan ke tempat ruangan kosong, benda yang sering dipegang orang (publik) serta ruang terbuka di tempat-tempat public,” tambahnya Adnas.

Kapolda Adnas juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar mematuhi kebijakan pemerintah.

“Kembali saya ingatkan kepada seluruh masyarakat di Propinsi Gorontalo, guna mencegah penyebaran wabah virus Corona,agar patuhi kebijakan pemerintah sebagaimana yang ditegaskan juga dalam isi Maklumat Kapolri, Saya sudah turunkan seluruh jajaran untuk memberikan himbauan, jika masih tetap dilanggar, saya akan bubarkan, karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi, maka mari kita bekerja sama lawan corona,” tegas Adnas.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK menabahkan saat ini corona menjadi musuh bersama, dimana semua pihak punya tanggung jawab untuk saling mendukung dalam mencegah penyebaran wabah corona.

“Pemberantasan terhap Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Saat ini baik Polri, TNI dan Pemda melalui Gugus Tugas sudah bekerja, namun tanpa kerjasama masyarakat, apa yang  kita lakukan tidak akan berjalan optimal. Olehnya disiplin dan patuh terhadap kebijakan pemerintah adalah kunci utama,” ujarnya.

5 Rute yang menjadi sasaran penyemprotan dikatakan olehnya adalah pertama Mapolda menuju Kabupaten Gorontalo Patung berdoa, Rute 2 dari Mapolda Gorontalo menuju Simpang lima, Jalan Andalas, Jalan Dua susun hingga depan Kampus UNG, Rute 3 start dari Mapolda menuju Bundaran HI Saronde, Masjid Baiturahman, Rumah Dinas Gubernur hingga Depan Kampus UNG, Rute 4 start Mapolda Gorontalo menuju jalan HB Yasin hingga Bundaran HI, Rute 5 Start dari Mapolda menuju pertigaan Kejaksaan Tinggi, Jalan RS Aloe Saboe, Tugu Batas Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. (Jebeng)