Untuk Indonesia

Perupa Gorontalo Pamerkan Puluhan Lukisan di Hotel Damhil

Dulohupa.id-Komunitas seniman, Perupa Gorontalo, memamerkan puluhan lukisan di Hotel Damhil, Kota Gorontalo. Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Eduart Wolok membuka pameran bertajuk “enzim” tersebut pada Kamis, (4/3). Pameran itu sendiri akan berlangsung kurang lebih dua minggu atau hingga 17 Maret 2021.

Awaludin, panitia pameran tersebut mengungkapkan, bahwa pameran tersebut sebetulnya serupa dengan pameran yang pernah digelar pada 2016, 2017, dan 2018 di Hotel & Resort LV8 Bali. Konsepnya, mengisi ruang dan lobi Hotel dengan karya seni untuk dipamerkan kepada pengunjung hotel.

Pameran inipun kata dia, sebagai agenda untuk mematangkan persiapan pameran di luar daerah pada April mendatang.

“Iya pameran ini merupakan persiapan ke Jogja, sekaligus penggalangan dana jika ada karya yang terjual,” kata Awaludin, panitia dari pameran perupa Gorontalo yang bertajuk “Enzim” tersebut.

Baca Juga:  Cegah Tauran Antar Kampung di Bulan Ramadhan, Warga Barito Gelar Tradisi Dakwah Jalanan

Awal pun menuturkan, ada setidaknya 44 karya yang ditampilkan di pameran tersebut, dengan melibatkan 22 perupa Gorontalo, mahasiswa dan dosen UNG Jurusan Pendidikan Seni Rupa.

Senada dengan Awal, Zulkifli Junaidi, atau yang biasa disapa Ayah Zul juga mengatakan hal yang sama. Katanya, pameran seni rupa yang dilaksanakan di damhil hotel UNG ini merupakan sebuah pemantik awal untuk pelaksanaan pameran di luar Gorontalo nantinya.

“Pameran yang dilakukan di Hotel Damhil ini merupakan pemanasan awal untuk teman-teman perupa melaksanakan pameran di Jogja nanti. Dan selain itu juga, pameran yang sering dilaksanakan ini merupakan komitmen dari kawan-kawan perupa untuk menjaga warisan kebudayaan Gorontalo melalui seni rupa,” kata Zulkifli Junaidi, perwakilan perupa Gorontalo, pada acara pembukaan pameran tersebut.

Baca Juga:  Cegah Tauran Antar Kampung di Bulan Ramadhan, Warga Barito Gelar Tradisi Dakwah Jalanan

Ia pun berharap, melalui pameran ini, ada karya yang terjual yang dapat membantu pendanaan pameran perupa Gorontalo nanti di Jogja.

“Setiap karya yang dipamerkan tersebut dapat membantu penggalangan pendanaan pameran yang akan dilaksanakan di Jogja bulan depan mendatang. Dengan pembagian persentase 60 untuk perupa yang laku terjual karyanya, dan 40 persen untuk donasi pameran Luar Peta di Jogja April 2021,” tambahnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.