Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Penyebab Banjir di Pohuwato Diduga Akibat Adanya Aktivitas Pertambangan

Dulohupa.id – Penyebab banjir bandang yang menerjang permukiman warga Desa Iloheluma, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato pada Rabu (16/9) kemarin, diduga akibat adanya aktivitas pertambangan di sekitar wilayah tersebut.

Untuk membuktikan dugaan itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pohuwato dalam waktu dekat ini, akan melakukan peninjauan lapangan dengan mendatangi lokasi tambang yang ada di wilayah tersebut.

“Saya dengar informasi, penambang-penambang sudah mulai mencari lahan-lahan baru, mungkin karena persaingan di Desa Hulawa sana, sudah ada kurang lebih berapa puluh alat di sana, memang saya dengar mereka pindah ke Desa Balayo,” kata Kepala Dinasi Lingkungan Hidup Kabupaten Pohuwato, Bahari Gobel, Kamis (17/9).

Desa Balayo sendiri merupakan desa yang terdapat aktivitas pertambangan, yang berada dekat dengan Desa Iloheluma. Keduanya masuk dalam Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato. Para penambang di desa ini dugaan bahari adalah mereka yang bermigrasi dari Desa Hulawa.

“Cuma kita belum turun, karena informasi baru kita dapatkan kemarin, kita bersama tim masih akan melakukan peninjauan, ” tandas Bahari.

Reporter: Mega
Editor  : Wawan Akuba