Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Penentuan Zakat Fitrah Kabupaten Bone Bolango di Tengah Pandemi Covid-19

Dulohupa.id – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menentukan besaran zakat fitrah pada tahun  1441 H sebesar Rp. 30.000/Jiwa melalui rapat bersama yang di selenggarakan secara virtual/ Video Coference (Vidcon). Senin, (4/5/2020).

Rapat yang di pimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bone Bolango itu di hadiri oleh Asisten I Taufik Sidiki, Kepala Kantor Kemenag Bonebol Suleman Tongkonoo, Ketua MUI Bonebol, Qadhi Suwawa Kyai Helmi Podungge, Pengurus Cabang NU dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Bonebol, Kabag Tapem dan Kesra, serta para Camat yang mengikuti langsung lewat Vidcon.

Ishak mengatakan, bahwa penetapan besaran zakat fitrah yang di sepakati bersama pihak yang terkait dan pemuka-pemuka itu mengikuti harga pasaran sembilan bahan pokok. “Penetapan zakat fitrah sebesar Rp30.000 per jiwa ini didasarkan pada harga bahan makanan pokok, terutama beras yang terjual di masyarakat saat ini, serta hasil kesepakatan bersama dengan Kementerian Agama Bonebol, Qadhi Suwawa, serta peserta rapat lewat Vicon sudah setuju,” Ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menghimbau, panitia untuk dapat memperhatikan protokol kesehatan setiap penyaluran zakat fotrah tersebut. “Saya ingatkan uang zakat fitrah yang dikumpulkan harus memakai protokol Covid-19. Diserahkan dan diterima harus pakai sarung tangan, lalu uangnya diisi di plastik kemudian di sterilkan. Apakah di jemur atau di panaskan atau bagaimana, setelah itu dibagikan kepada kaum fakir dan miskin maupun kaum dhuafa”. Tutur Ishak.

Ishak berharap, zakat fitrah ini dapat bermanfaat untuk kaum duafa yang melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 ini.