Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemerintah Susun Protokol Kesehatan Keluarga di Masa COVID-19

Dulohupa.id – Protokol Kesehatan Keluarga pada masa pandemi COVID-19, telah disusun oleh Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Kementerian Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB)

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Brotoasmoro mengungkapkan, bahwa keputusan tersebut dibuat berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada September lalu

Ada setidaknya empat hal yang diatur dalam protokol tersebut. Pertama protokol kesehatan keluarga secara umum. Seperti, cara pemakaian masker dengan benar, cara melindungi anggota keluarga yang rentan atau berisiko tinggi.

“Kedua, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar. Jika terjadi, pihak mana yang harus dihubungi untuk mendapatkan pertolongan segera, bagaimana proses karantina, atau isolasi mandirinya,” kata Reisa Brotoasmoro, saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (12/10/2020).

Lanjut Reisa, ketiga yang diatur adalah protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah. Katanya, protokol ini juga penting. Sebab membahas cara membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah. Memastikan tidak membawa pulang virus masuk ke dalam rumah, dari pakaian ataupun barang-barang bawaan.

Keempat, protokol kesehatan di lingkungan sekitar tempat tinggal, ketika ada warga yang terpapar. Bagaimana tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat, di lingkungan rumah juga penting. Dari mulai menjaga kebersihan lingkungan sampai dengan tidak memberikan stigma negatif kepada tetangga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Mereka (yang positif) justru yang harus dibantu,” katanya.

Lebih lanjut Reisa mengungkapkan, protokol ini penting untuk menekan penularan COVID-19 di lingkungan klaster keluarga yang sangat tinggi. Sebab kata dia, potensi tinggi penularan klaster keluarga bisa datang dari orang terdekat yang menjadi carrier atau pembawa virus.

“Penularan dari orang terdekat ini bisa berakibat fatal bagi anggota keluarga yang sudah lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta,” kata Reisa.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Redaksi