Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pembangunan di Gorontalo Terancam Terhambat, Rusli Harap Dukungan BKM

Dulohupa.id- Pembangunan di Provinsi Gorontalo terancam terhambat karena regulasi yang diatur dalam Undang Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Sebab, dalam aturan tersebut, galian C sebagai penyuplai bahan baku pembangunan infrastruktur, belum diizinkan.

“IUP ini sangat menghambat karena ada beberapa pembangunan infrastruktur tidak bisa jadi karena mereka belum bisa mengurus galian C. Ada edaran dari Dirjen Minerba izin galian C belum bisa. Nah ini yang mau dicarikan solusi,” terang Rusli usai pertemuannya dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kantornya belum lama ini.

Selain menghambat pembangunan, serapan anggaran instansi pemerintah daerah dan pusat juga menjadi lambat. Bahan baku seperti pasir, batu dan kerikil sulit dicari untuk pembangunan sejumlah fasilitas publik. Di sisi lain, sisa tahun anggaran tinggal dua bulan lagi.

Rusli berharap dukungan BKPM untuk menyelesaikan berbagai hambatan pembangunan di daerah. Selain itu, kemudahan investasi diharapkan meningkatkan kepercayaan pengusaha dan keinginan menanamkan modalnya di Gorontalo.

Reporter: Siri