Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pandemi COVID-19 Diprediksi Hingga 2022, Masyarakat Diminta Disiplin Protokol Kesehatan

Dulohupa.id- Pandemi COVID-19 diprediksi baru akan benar-benar tuntas pada 2022 nanti. Hal tersebut dikatakan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat ia melakukan kunjungan kepada pengurus dan relawan covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) di Bali, Sabtu (31/10/2020).

Prediksi itu dikatakan JK, karena melihat vaksinasi yang baru siap pada pertengahan 2021. Lagian, jika vaksinasi berlangsung, kemungkinan hanya baru bisa menyasar 70 persen populasi masyarakat Indonesia.

Apalagi, negara-negara yang sedang memproduksi vaksin seperti China, Inggirs, dan Amerika Serikat, tentu akan lebih memprioritaskan kebutuhan vaksin untuk masyarakatnya. Dampaknya, waktu proses vaksinasi di Indonesia tentu akan terlambat.

“Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkiraan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022. Karena yang bisa menyelesaikan ini hanya vaksin, dan tes klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari-Februari 2021 dan mulai produksi Maret,” ujar JK dikutip CNBC Indonesia, Minggu (1/11/2020) dari tayangan YouTube.

Makanya, saat ini yang perlu untuk dilakukan oleh masyarakat adalah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor