NP Minta Kades Dukung PPKBD dan Sub PPKBD Program KB

Dulohupa.id– Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Gorontalo, untuk mendukung kehadiran PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) dan Sub PPKBD yang saat ini bertugas di seluruh desa yang ada di Kabupaten Gorontalo. Karena, kehadiran para pendamping program KB ini, tujuan utamanya adalah untuk mensukseskan jalannya program KB (Keluarga Berencana) di Kabupaten Gorontalo.

Nelson mengatakan, Penduduk merupakan obyek dan subyek dalam pembangunan daerah. Olehnya, pertambahan penduduk dalam suatu wilayah harus bisa terkendali dengan baik. Peran inilah kemudian yang menjadi salah satu beban kerja para PPKBD maupun Sub PPKBD di desa.

“Penduduk itu menjadi obyek dan subyek dalam pembangunan. Sehingga pengendalian baik kualitas, jumlah, maupun mobilitas harus kita lakukan dan kita jaga,” terang Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo usai mengikuti kegiatan temu kerja kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang berlangsung di Hotel Milana Limboto, Rabu (06/01).

“PPKBD dan Sub PPKBD itu berada di Desa, sehingga perhatian dan dukungan kepala Desa itu dalam menyukseskan program KB itu harus ada,” Tambahnya.

Lebih lanjut Nelson mengatakan, dalam menyukseskan program KB ini juga. Pemerintah daerah akan memaksimalkan peran dari Balai KB yang ada di tingkat Kecamatan untuk membantu PPKBD dan Sub PPKBD.

“Balai KB di tingkat kecamatan kedepanya juga akan kita fungsikan kelembagaannya dengan baik. Agar program KB dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB berjalan baik,” ujarnya.

Nelson juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Gorontalo yang melaksanakan kegiatan temu kerja kader IMP. Sebab saat ini, pemerintah daerah tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

“Kegiatan ini menurut saya dilaksanakan pada waktu yang tepat, apalagi kita sementara menyusun RPJMD 2021-2026. Untuk itu memberikan apresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB,” pungkasnya.

 

Reporter: Fandiyanto Pou