Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Nelson: Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Patut Dijaga

115
×

Nelson: Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Patut Dijaga

Sebarkan artikel ini
Bupati Nelson Pomalingo, saat memasang Tumbilotohe di halaman Rumah Dinas.(foto. dulohupa.id)

DULOHUPA.ID- Malam ini jumat (31/05) tradisi malam pasang lampu atau Tumbilatohe mulai dilaksanakan hampir diseluruh wilayah Provinsi Gorontalo. Di Kabupaten Gorontalo Tumbilatohe ditandai dengan pemasangan pertama oleh Bupati Nelson Pomalingo di halaman rumah dinas bupati.

Dikabupaten Gorontalo sendiri, tradisi Tumbilatohe juga dijadikan sebagai festival, dimana festival tersebut dilaksanakan untuk menjaga Tradisi Tumbilatohe di Goroantalo.

Nelson mengaku bersyukur, karena tradisi Tumbilotohe di Gorontalo hingga saat ini masi terus terjaga dan berkembang, untuk itu warga Gorontalo patut menjaga tradisi tumbilotohe tersebut.

‘’ini merupakan tradisi warga gorontalo yang merupakan adat bersendikan syarah, syrah bersendikan kitabullah dalam rangka menyambut lailatulqadar, saya bersyukur tradisi tumbilotohe ini hingga saat ini masi lestari dan terus terjaga. untuk itu warga Gorontalo patut menjaga tradisi tumbilotohe tersebut,’’ Papar Nelson

Malam pasang lampu atau Tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo suda dijadikan destinasi wisata setiap tahun, di Kabupaten Gorontalo sendiri, destinasi wisata tumbilotohe di pusatkan di Desa Talumelito Kecamatan Talaga Jaya.

Tidak hanya di kabupaten gorontalo, di kota gorontalo pun juga melaksanakan tradisi tumbilatohe, dari pantauan Duluhupa Id, hampir diselurh tempat, di sepanjang jalan dan halaman rumah warga juga sudah melaksanakan pemasangan lampu. (DP/ 02)