Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Motivasi Tukang Jahit, Idah Serahkan Bantuan Mesin Jahit

91
×

Motivasi Tukang Jahit, Idah Serahkan Bantuan Mesin Jahit

Sebarkan artikel ini
foto istimewa

Dulohupa.id – Dalam rangka memberikan suntikan modal usaha, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Habibie kembali menyerahkan bantuan mesin jahit kepada 14 Industri Kecil Menengah (IKM), Selasa (7/1/2020).

Bantuan yang diserahkan diantaranya 3 mesin jahit portable untuk 3 IKM, bahan kain sebanyak 20 meter, benang bordir sebanyak 10 roll, benang metalik sebanyak 2 roll, benang rawang sebanyak 6 roll.

Selain itu, ada bantuan bahan kepada 1 IKM kerajinan upiya karanji berupa 20 ikat bahan mintu, 20 ikat bahan rotan, 17 buah pisau, 2 pak gunting kuku dan 4 buah meteran kain.

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Habibie mengatakan, bantuan yang diserahkan melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrikan dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Dekranas pusat.

“Jadi kami semua dikumpulkan, seluruh istri-istri gubernur, karena melekat jabatan kami sebagai ketua Dekranasda Provinsi. Di situ, kami menceritakan kondisi daerah masing-masing,” bilang Idah Syahidah.

“Ibu ketua Dekranas tanya, ibu Gorontalo kerajinannya apa saja? Kemudian kendala-kendala apa saja? Akhirnya kita diberikan bantuan ini, walau tidak banyak,” sambung Anggota DPR RI itu.

Menurut Idah, bantuan tersebut sebagai stimulan untuk pengrajin usaha kecil dan bisa menjadi modal untuk pengembangan usahanya, serta dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo, dengan menjadikan IKM sebagai ujung tombaknya.

“Bantuan ini sebenarnya memang hanya sebagai pancingan, agar pelaku IKM bisa termotivasi dan kedepannya bisa mandiri untuk memajukan usahanya. Untuknya, kenapa kita serahkan bantuan ini perkelompok? karena agar supaya pelaku IKM bisa maju bersama, bisa saling membantu,” kata Idah.

Dia berharap, setelah menerima bantuan ini dengan latar belakang pelaku IKM di Gorontalo yang sudah sangat beragam, bantuan ini bisa menambah wawasan para pengrajin agar lebih kreatif, inovatif dan berkualitas serta hasil produksnya bernilai jual tinggi. (Adv)