Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

‘Mojok’ di Rumah Adat Limboto, Sepasang Muda Mudi Diberi Pembinaan

Dulohupa.id – Sepasang muda-mudi tertangkap razia Sabhara Satuan Polres Gorontalo pada Sabtu malam,(8/8/20). Keduanya ditangkap saat sedang asik ‘mojok’ di salah satu rumah adat Bantayo Poboide, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Pantauan awak media Dulohupa.id, kedua anak muda itu sama sekali tidak menerapkan protokol kesehatan. Tidak menggunakan masker dan jaga jarak. Kendati kasus COVID-19 di wilayah tersebut semakin tinggi.

Bripda Dicky, anggota Polres Gorontalo yang ikut patroli, mempertanyakan alasan keduanya nongkrong di tempat itu. “Ini rumah adat, kenapa kalian nongkrong di sini? ini bukan tempat nongkrong,” tegasnya

Dicky menduga keduanya adalah sepasang kekasih. Meski begitu, ia memberikan pembinaan kepada keduanya terkait jam malam dan pentingnya menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Lalu menyuruh keduanya pulang.

Sabhara Satuan Polres Gorontalo sebetulnya memang rutin menggelar operasi setiap Sabtu malam. Sebab, di malam-malam tersebut, banyak masyarakat terutama anak muda yang berkumpul. Sehingga untuk menjaga keamanan dan timbulnya kriminalitas, mencegah gangguan kamtibmas, serta memberi perlindungan, pengayoman, pelayanan dan rasa aman tentram, maka patroli dilakukan di tempat-tempat keramaian.

Lagian, Kabupaten Gorontalo sendiri melalui bupati, Nelson Pomalingo telah mengeluarkan maklumat tentang Kepatuhan Beraktivitas di wilayah tersebut, yang dikeluarkan pada 24 Juli kemarin. Maklumat bernomor 360/BPBD/310/VII/2020 itu mengatur dua hal, yakni kepatuhan diri dan kepatuhan sosial.

“Bahwa untuk mencegah meluasnya penyebaran dan penularan COVID-19 di Gorontalo, yang dintandai dengan meningkatnya jumlah warga Gorontalo yang positif, maka perlu dilakukan pembatasan kegiatan aktivitas malam hanya berlangsung sampai pada pukul 22.00 WITA, terhitung mulai tanggal 27 Juli sampai dengan 25 Agustus 2020,” sebagaimana dikutip dalam maklumat yang ditandatangani Nelson Pomalingo. **(Dhade)