Scroll Untuk Lanjut Membaca
banner
CEK FAKTAHEADLINENASIONALPemilu 2024

[Menyesatkan] Narasi Prabowo Mundur jadi Capres akibat Ulah Gibran

84
×

[Menyesatkan] Narasi Prabowo Mundur jadi Capres akibat Ulah Gibran

Sebarkan artikel ini
Gibran Prabowo
Thumbnail video hasil rekayasa yang beredar di Youtube/Ist

Dulohupa.id – Sebuah video dengan narasi Prabowo mundur jadi Capres akibat ulah Gibran beredar di Media sosial. Video itu dibagikan Channel youtube bernama “AKTUAL” pada tanggal 6 Januari 2024.

Hasil Penelusuran

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie gambar ini identik dengan artikel milik timesindonesia dengan judul “Ketua Majelis Kehormatan MK: Keputusan Usai Capres dan Cawapres Masuk Akal Jika Dibatalkan”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel cnbcindonesia.com dengan judul “Gibran Dicap Curang di Debat Cawapres, 3 Hal Ini Jadi Sorotan”.

Kesimpulan

Saat ini tidak ditemukan informasi valid terkait informasi tersebut, dengan demikian klaim tentang Prabowo mundur jadi Capres akibat ulah Gibran adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi dan menyesatkan.

banner