Untuk Indonesia

Menunggu Sepak Terjang 3 Pengacara Muda Gorontalo di MK

Dulohupa.id– Pemilihan Kepala Daerah di tiga Kabupaten di wilayah Gorontalo akhirnya bermuara di Mahkamah Konstitusi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tiga Kabupaten, Masing-masing, Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan Pohuwato. Harus menghadapi sejumlah gugatan yang akan segera disidangkan di Mahkamah Konstitusi. Ketiga KPU telah menunjuk sejumlah lembaga hukum atau pengacara yang nantinya akan membela KPU dalam sidang tersebut.

Menariknya, dua dari 3 KPU Kabupaten di Gorontalo, Menggunakan satu lembaga hukum yang berisi tiga pengacara muda nan berbakat dari Gorontalo. Firma Yakop AR Mahmud namanya. Digawangi oleh tiga pengacara asal Gorontalo, Firma hukum beralamat Kota Gorontalo itu bukan perusahaan advokat asal-asalan. Pasalnya, Meski masih relatif muda, Para pengacara yang bernaung dalam lembaga hukum itu, Sudah berpengalaman menangani sengketa pemilu maupun pemilukada hingga di tingkat nasional.

Baca Juga:  Tak Terencana, Kerumunan di Maumere Disebut Tak Memenuhi Unsur Pidana

Bahkan, Pengacara muda, Yakop AR Mahmud adalah salah satu pengacara KPU RI dalam sengketa pemilu legislatif tahun 2019. Selain Yakop, Firma hukum asal Gorontalo itu juga diisi oleh Ardi Wiranata dan Rio Anwar Pala, yang kredibilitas kepengacaraannya sangat diperhitungkan.

Kini, Nasib KPU Pohuwato maupun KPU Bone Bolango berada di pundak ketiga anak muda itu. Ketiganya harus menghadapi gugatan sejumlah paslon yang sebelumnya telah melayangkan gugatan atas hasil pilkada di dua daerah itu.

Sengketa Pilkada Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango sendiri akan berlangsung rabu (27/1). Agenda pertama sidang nanti adalah pembacaan permohonan pemohon. Selanjutnya, sidang akan beragendakan pemeriksaan saksi hingga kemudian berakhir dalam sidang putusan.

Baca Juga:  Lahan Kritis di Bone Bolango Capai 28 Ribu Hektar

Kepada Redaksi Dulohupa.id, Senin (25/1). Yakop AR Mahmud mengungkapkan, Pihaknya saat ini telah merampungkan persiapan untuk menghadapi sidang perdana nanti. Hanya saja secara umum Yakop menegaskan, Pihaknya siap menjalani sidang.

“Tidak ada persiapan khusus, yang pasti kami siap menghadapi sidang perdana, dan insya allah berjalan lancar,” ujarnya.

Yakop juga menambahkan, Saat ini ia bersama tim kuasa hukum KPU Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango telah berada di jakarta, untuk memfinalisasi kesiapan sidang nanti.

 

Redaksi

Comments are closed.