Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Menolak Dilantik Sekda, Calon BPD di Kabupaten Gorontalo Mengamuk

Dulohupa.id – Acara pelantikan calon Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berlangsung di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, nyaris ricuh, Selasa (28/07). Sebab, Salikhun B. Ikano, seorang calon BPD Desa Pantungo, Kecamatan Telaga Biru, mengamuk di tempat pelantikan.

Salikun sendiri protes dan mengamuk, karena pelantikan tersebut hanya dilakukan oleh Sekda Kabupaten Gorontalo, padahal ia berharap Bupati Gorontalo yang akan melakukan pelantikan itu.

Saat aduh mulut dengan Sekda, Salikun melontarkan kalimat, “Bagaimana kami keluar, kami ini di undang resmi, makanya penunjukan penjabat itu ada surat perintah,” ujarnya dengan suara tegas saat berhadapan dengan Sekda.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb mengatakan, pelantikan yang hampir ricuh itu sudah biasa terjadi, dan hal itu bisa saja karena faktor penolakan.

“Itu sudah soal biasa kejadian itu terjadi. Yang penting Pemerintah Kabupaten Gorontalo sudah laksanakan sesuai sistem pemerintahan saat melaksanakan pelantikan.” ujar Hadijah

Lebih lanjut dikatakannya,pelantikan tersebut sudah sesuai aturan pemerintahan. Namun sayangnya, ada saja calon anggota yang menolak.

“Jadi kami dari pemerintah daerah sudah melakukan sesuai aturan yang ada, karena dirinya menolak untuk dilantik, jadi kami keluarkan dia dari ruangan,” ungkapnya

Hadijah juga menjelaskan, sebelum calon BPD yang terpilih itu dilantik, dan disumpah, mereka belum resmi laksanakan tugasnya.

“Calon BPD itu menolak keras, sekarang dirinya belum resmi untuk jadi anggota BPD, karena belum dilantik dan disumpah,” tutup Hadijah (Dade)