Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Memutus Penyebaran COVID-19, Kemenkes Minta Nakes Maksimalkan Penggunaan Layanan Digital

Dulohupa.id- Tenaga kesehatan (nakes) diminta untuk memanfaatkan layanan elektronik dalam memutus penularan COVID-19. Misalnya saja menggunakan layanan Telesehat dalam memberikan edukasi tentang COVID-19 kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan, dr. Mariya Mubarika, saat melakukan audiensi dengan unsur kesehatan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan, Satgas Covid-19 Provinsi, BPBD dan pihak terkait lainnya. Pertemuan yang dilaksanan di aula Bapelkes Prov Kalsel pada Sabtu (07/11).

Menurut Mariya, pengguanan layanan ini selain akan mempermudah pelayanan, juga akan mempercepat proses memberikan tindakan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan secara cepat.

Selain itu, dengan menggunakan layanan kesehatan elektronik, tenaga kesehatan bisa melakukan triase dengan lebih mudah dan cepat. Di samping itu, masyarakat juga tidak perlu repot datang ke fasilitas layanan kesehatan untuk melakukan konsultasi. Hal ini sejalan dengan pesan pemerintah untuk membatasi aktifitas di luar rumah.

“Selain itu, pemanfaatan layanan Telesehat juga akan menghindari masalah kematian dengan tingkat keparahan yang berat,” kata Mariya.

Menurutnya, COVID-19 bisa dihentikan dengan perubahan perilaku yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah daerah bisa membuat peraturan daerah untuk menegaskan pelaksanaan protokol kesehatan sebagai jalan untuk meningkatkan kepatuhan di masyarakat.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega