Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialKOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

Marten Taha: Sampah dalam Kontainer Harus Diangkut Setiap Hari

72
×

Marten Taha: Sampah dalam Kontainer Harus Diangkut Setiap Hari

Sebarkan artikel ini
Sampah dalam Kontainer
Kontainer berisikan sampah di kawasan pasar sentral Gorontalo. Foto: Kris/Dulohupa.

Dulohupa.id – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menekankan Dinas lingkungan Hidup agar sampah dalam kontainer di pasar Sentral diangkut setiap hari meskipun tidak penuh.

Penanganan sampah di kawasan pasar sentral Gorontalo patut menjadi perhatian dan atensi bagi pemerintah dan stakeholder terkait. Pasalnya pasar merupakan salah satu tempat strategis dengan berbagai aktivitas yang menjadi sumber penghasil sampah domestik dengan jumlah besar.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengungkapkan bahwa pihak pemerintah Kota Gorontalo telah menyiapkan dan menggunakan dua model penanganan sampah di pasar sentral. Penanganan tersebut setidaknya melibatkan dua dinas terkait, yaitu dinas Perdagangan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo.

“Sampah itu ditangani dengan dua model, pertama yang dibagian dalam pasar masih menjadi tanggungjawab dinas perdagangan. Sementara setelah sampah keluar dari pasar dan sudah di kontainer, itu menjadi tugas Dinas Lingkungan Hidup untuk menganggatnya. Saya sudah tugaskan dinas Lingkungan Hidup full atau tidak itu kontainer setiap hari harus diangkat, supaya tidak menyebabkan bau busuk,” Tegas Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Sementara itu, Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo, Hazairin Thamrin mengatakan bahwa dinas Lingkungan Hidup hanya bertanggungjawab terhadap sampah domestik pasar sentral yang telah berada kontainer.

“Untuk sampah domestik di pasar sentral penanganannya dari kami hanya mengangkut dan selanjutnya kita buang ke TPA. Sementara untuk pemilahan jenis sampahnya bukan bagian dari kami, kita hanya bertugas dibagian eksternal yaitu mengangkut sampah yang sudah dibuang ke kontainer sampah yang disediakan di area pasar sentral Gorontalo,” Jelas Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo, Hazairin Thamrin.

Reporter: Kris