Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialNASIONALPEMPROV GORONTALO

Lepas Ekspor Jagung Gorontalo ke Filipina, Mentan Harap Petani Sejahtera

73
×

Lepas Ekspor Jagung Gorontalo ke Filipina, Mentan Harap Petani Sejahtera

Sebarkan artikel ini
Ekspor Jagung
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menghadiri pelepasan ekspor jagung dri Gorontalo menuju Filipina. Foto/Kementan

Gorontalo – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana komoditas jagung sebesar 50.000 ton menuju Filipina. Selain itu, Mentan juga mengirim jagung untuk pasar domestik di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor dan juga meningkatakan produktivitas jagung di Provinsi Gorontalo.

“Ini luar biasa karena 5 bulan lalu kita impor 250 ribu ton, tetapi hari ini kita mengekspor ke Filipina 50.000 ton. Ini adalah kebangkitan kita di sektor pangan khususnya jagung dan bahkan mereka telah mengirim ke beberapa daerah sebanyak 264 ribu ton,” ujar Mentan di Kecamatan Anggrek, Provinsi Gorontalo, Rabu, 29 Mei 2024.

Mentan menargetkan Provinsi Gorontalo menjadi percontohan keberhasilan daerah dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani secara cepat. Dia menargetkan tahun depan Gorontalo mampu mencapai produksi di atas 2 juta ton dari produksi saat ini yang hanya 1,5 juta ton.

“Oleh karena itu kami beri bantuan benih 100 ribu hektare untuk Provinsi Gorontalo. Insyaallah tahun depan Gorontalo mencapai target di atas 2 juta ton. Aku yakin pasti bisa karena orang gorontalo sangat hebat. Saya juga mengapresiasi gorontalo yang telah membuka wajah kita di mata internasional dari impor ke ekspor,” katanya.

Jagung
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat mengecek jagung di kontainer yang akan di ekspor ke Filipina. Foto/Kementan

Mentan mengatakan pertanian adalah sektor paling strategis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian nasional. Karena itu, ke depan, pihaknya menargetkan swasembada dan juga Indonesia lumbung pangan dunia.