Langgar Protkes, Warga Dihukum Menyapu Jalan

DULOHUPA.ID- Sejumlah aparat TNI, Polri, dan Satpol PP yang tergabung dalam tim Operasi Gabungan Aman Nusa II, menggelar razia protokol kesehatan di Jalan Sudirman, Kota Gorontalo, Rabu (25/11). Buntutnya, puluhan pelanggar yang tidak menggunakan masker mendapat hukuman menyapu jalan.

Ka UKL AKP Adam Bumulo menjelaskan, pelaksanaan operasi ini merupakan wujud kepedulian dari TNI-Polri bersama aparat pemerintah kepada masyarakat agar terhindar dari penularan COVID-19.

Operasi ini juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

“Kita akan selalu hadir di masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi COVID-19,” kata AKP Adam.

Makanya, untuk menekankan disiplin warga tersebut, aparat terpaksa memberikan hukuman berupa sanksi sosial menyapu jalan.

“Kepada warga yang tidak menggunakan masker, langsung mendapat sanksi berupa teguran tertulis dan juga sanksi sosial berupa menyapu sampah,” tandasnya.

Adapun TNI, Polri, dan Satpol PP selalu menggelar operasi serupa di beberapa titik di Kota Gorontalo. Targetnya adalah para pengendara yang mengabaikan protokol kesehatan. Dan paling sering yang terjaring adalah pengendara yang tidak menggunakan masker.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Jebeng