Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Kualitas Layanan Publik Di Kantor Imigrasi Gorontalo Meningkat

426
×

Kualitas Layanan Publik Di Kantor Imigrasi Gorontalo Meningkat

Sebarkan artikel ini
Kantor Imigrasi meningkatkan layanan publik
Kantor Imigrasi Gorontalo (Ft. Istimewa)

DULOHUPA.ID – Sebagai institusi yang mengemban fungsi pelayanan publik, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, merupakan kewajiban bagi Direktorat Jenderal Imigrasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan publiknya khususnya bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo yang merupakan satu-satunya unit pelaksana teknis yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.

Di era sekarang ini, tingginya kepuasan masyarakat terhadap layanan publik telah menjadi tujuan utama bagi setiap penyelenggara layanan baik oleh lembaga pemerintah maupun non pemerintah. Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan suatu layanan publik adalah tingginya apresiasi yang diberikan oleh masyarakat sebagai penerima layanan tersebut.

Kanim Gorontalo sebagai UPT yang melaksanakan layanan keimigrasian di wilayah Provinsi Gorontalo, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, seperti melakukan renovasi gedung pelayanan untuk permohonan Paspor RI dan layanan izin tinggal bagi Warga Negara Asing, revitalisasi ruang server, sistem antrian paspor berbasis waktu, pengajuan izin tinggal secara online, penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) bagi pengurus hotel dan penginapan lainnya, cofee/tea dan snack gratis bagi pemohon keimigrasian serta peningkatkan penyediaan fasilitas bagi pemohon berkebutuhan khusus seperti ibu hamil dan menyusui, penyandang disabilitas serta manula.

Selain itu dalam upaya peningkatan pengawasan orang asing di wilayah kerjanya, Kanim Gorontalo telah menjalin kerjasama dengan berbagai unsur Pemerintah Daerah maupun instansi vertikal lainnya dalam wadah Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) pada 5 Kabupaten dan 1 Kota hingga sampai di tingkat kecamatan. (Rls)