Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU: Tiga Bapaslon Pilkada Pohuwato Lanjut ke Tahap Verifikasi Administrasi

Dulohupa.id – Tiga Bakal pasangan calon (Bapaslon) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pohuwato, akan lanjut ke tahap Verifikasi Administrasi. Sebelumnya, tiga bapaslon ini telah memenuhi dan menyerahkan syarat dokumen perbaikan pada, Senin (27/7/2020) kemarin. Dan setelah melalui dua tahapan pengecekan atau penghitungan dan penyerahan, ketiganya dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, yakni verifikasi administrasi.

Adapun tiga bapaslon itu adalah Hamdi Alamri – Zairin T.D Maksud, Ibrahim Bouty – Miswar Yunus, dan Amin Haras – Zunaid Hasan.

Rinto W. Ali, selaku Ketua KPU Pohuwato mengatakan, pihaknya telah menerima dan melakukan penghitungan maupun pengecekan terhadap syarat dukungan perbaikan yang diserahkan oleh masing-masing Bapaslon, yang maju dalam Pilkada Pohuwato melalui jalur independen atau perseorangan.

“Sesuai tahapan yang dijadwalkan, penyerahan dukungan perbaikan dari tanggal 25-27 Juli, dan pengecekan atau penghitungan dimulai dari 25-28 Juli 2020. Dan setelah kami menerima syarat dukungan perbaikan yang diserahkan masing-masing Bapaslon, semuanya telah terpenuhi,” ujar Rinto.

Kata Rinto juga, jumlah syarat dukungan perbaikan yang diserahkan oleh tiga Bapaslon sudah menutupi kekurangan masing-masing dan memenuhi syarat untuk maju ke tahap selanjutnya.

“KPU Pohuwato sudah resmi menerbitkan tanda terima penyerahan perbaikan beserta BA1-KWK perbaikan untuk tiga Bapaslon, dan ini merupakan penanda maju ke pelaksanaan selanjutnya, tahapan verifikasi administrasi,” katanya.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan tahapan verifikasi sama seperti sebelumnya, yakni verifikasi admnistrasi terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual.

“Saat ini kami masih fokus melaksanakan verifikasi administrasi hingga 4 Agustus mendatang. Dan pada pelaksanaannya sebagai bentuk transparansi KPU, proses ini akan dipantau dan didampingi langsung oleh Bawaslu,” tutup Rinto.