Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Jamin Kerahasiaan data NIK dan Nomor KK dalam DPS

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, menjamin kerahasiaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) setiap pemilih. Hal itu ditegaskan oleh komisioner KPU Pohuwato, Divisi Program Data dan Informasi, Firman Ikhwan, pada Rabu (23/9).

“Iya, jelas. KPU wajib memproteksi kerahasiaan dari NIK dan NKK yang ada di DPS. Karena menjaga kerahasian itu sudah tertuang juga di PKPU Nomor 19 tahun 2019, selain itu juga kita mematuhi peraturan lainnya terkait kerahasiaan tersebut,” kata Firman kepada wartawan Dulohupa.id, Rabu (23/9/2020).

Seperti diketahui, bahwa saat ini KPU Pohuwato merilis hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kabupaten tersebut. Tetapi dalam DPS itu, memuat data-data pribadi peserta pemilih. Sehingga KPU sendiri berusaha untuk tidak memublikasikan data-data tersebut secara terang-terangan.

“Caranya untuk menjaga kerahasian NIK dan NKK, dengan cara, harus menutup sebagian angka yang ada di NKK dan NIK,” jelasnya.

Lebih tepatnya, kata Firman, ada delapan angka di belakang yang harus disembunyikan atau diberi bintang. Sebab kerahasiaan itu, sesuai dengan surat yang dilayangkan oleh KPU RI terkait kerahasiaan data pribadi atau perseorangan.

Selain mematuhi PKPU, kata Firman juga, ada peraturan lainnya yang harus dijalankan terkait kerahasiaan data pribadi atau perseorangan yang telah terdata sebagai pemilih.

“Seperti Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, yang mana dalam UU tersebut mengatakan, kita harus menjaga data perseorangan atau pribadi, termasuk data pemilih,” tegasnya.

Firman juga mengimbau, sekarang ini masih ada waktu sampai tanggal 28 September untuk masyarakat gunakan dalam hal mengecek data diri mereka apakah sudah terdaftar atau belum, atau ada data yang harus diperbaiki, sebelum dilanjutkan pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Masyarakat bisa mengecek melalui papan pengumuman yang ada di setiap kantor desa atau di tempat umum dan terbuka yang telah ditempeli oleh pihak PPS. Atau bisa dicek melalui portal lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau juga bisa melalui aplikasi khusus yang dibuat oleh KPU Pohuwato: cek hak pilih-mu, yang harus diunduh melalui play store,” terangnya di akhir wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba