Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Jamin Hak Penyandang Disabilitas Pada Pilkada Nanti

Dulohupa.id – KPU Pohuwato menjamin terpenuhinya hak-hak para penyandang disabilitas pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato nanti. Jaminan itu diberikan dalam bentuk pelayanan dan sejumlah fasilitas yang memudahkan para penyandang disabilitas.

Sebab kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pohuwato, Iskandar Alulu, bahwa setiap warga negara memiliki hak pilih, tak ada pengeculian, apalagi untuk penyandang disabilitas, mereka juga punya hak pilih katanya.

Dalam tahapannya pun kata dia,  jika para penyandang disabilitas ini juga tetap mengikuti proses coklit yang dilakukan oleh PPDP. Sebab prinsipnya KPU Pohuwato tetap akan menjaga hak konstitusi warga negara.

“Mau disabilitas, sekalipun ODGJ kami penuhi hak-hak mereka,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, secara teknis Iskandar mengungkapkan, dalam pemilihan nanti, ada rujukan teknis untuk para penyandang disabilitas sensorik atau tunanetra yang akan melakukan pemilihan di TPS. Penyandang disabilitas sensorik ini kata dia, bisa memberikan kuasa kepada orang yang dia percayai melalui surat kuasa. Entah kepada pihak keluarga, kerabat, atau juga bisa ke petugas TPS pada saat pemilihan.

“Intinya kami akan menjamin hak-hak setiap warga negara, karena ini merupakan amanah dari undang-undang yang harus kami jalankan,” tutup Iskandar.

Sementara itu, Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali juga menambahkan bahwa memang, berkaca pada pemilu sebelumnya, para penyadang disabilitas ini memiliki perlakuan khusus.

“Misalnya saja di TPS, pada saat hari pemilihan tiba, ada penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda, petugas di TPS akan membantu, juga akan disediakan fasilitas yang ramah terhadap disabilitas seperti meja yang mudah dijangkau pada saat melakukan pemilihan,” jelas Rinto. **(Zul.M)