Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato dan Empat Paslon Menandatangani Pakta Integritas untuk Pencegahan COVID-19

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, beserta empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato sepakat tanda tangani pakta integritas untuk penerapan protokol kesehatan dan pencegahan pengendalian COVID-19 pada tahapan pilkada serentak 2020.

Penandatangan pakta Integritas ini, kata Ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, sebagai komitmen KPU dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada tahapan Pilkada Pohuwato.

“Jadi penandatangan pakta integritas oleh KPU dan (empat) pasangan calon ini sebagai komitmen untuk menjaga tahapan Pilkada berjalan lancar dan mampu memutus mata rantai COVID-19 saat tahapan pilkada berlangsung,” ungkap Rinto kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

Rinto menjelaskan, komitmen dalam Pakta Integritas ini sebagai tindak lanjut dari surat edaran nomor 790 yang dikeluarkan oleh KPU RI.

“Di mana, KPU provinsi dan kabupaten kota di minta untuk melakukan koordinasi dengan pasangan calon terkait persetujuan penandatanganan pakta integritas tersebut. Dan syukur alhamdulillah, semua pasangan calon menyetujui,” jelasnya.

Kata Rinto juga, sanksi untuk pasangan calon yang nanti kedapatan melanggar prokes, akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Dan tentunya untuk menegakkan peraturan ini, ada institusi yang berwenang dalam mengambil tindakan tersebut. Makanya KPU hanya secara umum menyampaikan semua peraturan dalam perundang-undangan tersebut”.

“Pihak bawaslu yang akan menganalisis dan memberikan sanksi apa yang cocok, ketika ada pasangan calon yang langgar prokes nanti,” terang Rinto.

Adapun isi dari pakta integritas yang ditandatangani oleh empat pasangan calon tersebut sebagai berikut:

  1. Mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada setiap tahapan pemilihan sebogaimana diatur dalam peraturan KPU Nomo 6 Tahun 2020 yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh iinstansi yang berwenang.
  2. mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam tahapan pemilihan Tahun 2020
  3. Menerima sanksi sesuai dengan peratuan yang melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19
Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba