KPU Pohuwato Bantah Soal 80 Penyelenggara Pilkada Reaktif

DULOHUPA.ID- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali membantah pernyataan Satgas COVID-19 setempat terkait reaktifnya 80 penyelenggara pilkada di wilayah tersebut.

Sebab kata dia, dari ribuan yang mengikuti pemeriksaan tersebut, tidak ada satupun yang dinyatakan reaktif COVID-19. Hasil itu kata Rinto telah ia terima.

“Tidak ada yang reaktif sesuai informasi awal. Alhamdulillah dari keseluruhan yang di-rapid, 3424 penyelenggara termasuk KPU tidak ada yang reaktif, begitu pun dengan KPPS yang di rapid,” kata Rinto.

Klaim tersebut kata Rinto berdasarkan laporan Pokja yang menyebutkan bahwa, memang tak ada hasil reaktif dari rapid tes yang dilaksanakan KPU minggu kemarin. Sehingga ia mengaku kaget ketika Satgas menyatakan ada yang reaktif.

“Nanti saya cek dulu soal yang reaktif itu, saya cek lagi, apalagi keterangannya (benar) dari satgas,” jelasnya.

Rinto pun menegaskan, jika memang ada penyelenggara yang reaktif, maka tidak akan diganti, melainkan diberi suplemen dan diisolasi.

“Diketentuan kita tidak, yang reaktif tidak akan diganti hanya dilakukan isolasi dan diberikan suplai vitamin,” tuturnya.

“Yang pasti rapid dilaksanakan jauh hari sebelum pemungutan, ketika ada yang reaktif, dia diistirahatkan dalam jangka waktu tiga hari dan kemudian bisa aktif kembali,” tutup Rinto.

Reporter: Zulkifli Mangkau