Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALOKPU PROVINSI GORONTALOPilkadaUNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

KPU Gorontalo Nilai MBKM UNG Dorong Angka Partisipasi Pemilu

9
×

KPU Gorontalo Nilai MBKM UNG Dorong Angka Partisipasi Pemilu

Sebarkan artikel ini
Partisipasi Pemilu
Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem. Foto/UNG

Gorontalo – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pemilu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan KPU Provinsi Gorontalo dan Bawaslu Provinsi Gorontalo telah berhasil mendorong angka partisipasi pada Pemilu tahun 2024 di Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Dr. Fadliyanto Koem, S.Ag., M.Pd. saat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia, Proyeksi Pilkada Gorontalo, dan Pengalaman Pemilu Amerika Serikat yang dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024 di Lantai 4 Rektorat UNG.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada UNG dengan program MBKMnya kemarin sangat luar biasa sudah mendorong angka partisipasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa kampus adalah bagian dari poros utama kekuatan Civil society.

“Demokrasi tidak akan mungkin dikuatkan secara struktural tanpa ada topangan kekuatan-kekuatan civil society. Sehingga untuk pelaksanakan Pilkada di tahun 2024 ini, InsyaAllah kita akan melakukan sinergi yang lebih maksimal lagi termasuk desain gerakan penguatan kualitas partisipasi,” ujarnya.

Fadliyanto mengajak civitas akademika untuk menjadikan kualitas partisipasi sebagai fokus untuk bisa memberi penguatan terhadap kualitas Pilkada di November 2024 nanti.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pemilu UNG diikuti oleh 587 mahasiswa dari berbagai fakultas selama 35 hari yang dimulai dari tanggal 15 Januari sampai dengan 20 Februari 2024 silam. Program MBKM ini adalah yang pertama dilaksanakan di Indonesia.

Adv