Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Bone Bolango Sampaikan Hasil Penelitian dan Keabsahan Dokumen Calon Pilkada dalam Rapat Pleno

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, menerima dokumen perbaikan syarat calon oleh dua bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2020. Penerimaan yang dilakukan di RPP Banthayo itu disaksikan langsung oleh Bawaslu Bone Bolango, Sabtu (19/9/2020).

Ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim mengatakan, ini adalah kedua kalinya KPU melaksanakan kegiatan rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian keabsahan dokumen persyaratan calon pilkada 2020.

“Hal ini, merupakan konsekuensi karena adanya bakal calon yang terpapar COVID-19, sehingga KPU melakukan penundaan, baik itu pemeriksaan kesehatan maupun penelitian dan keabsahan dokumen persyaratan calon” kata, Adnan

Lebih lanjut Adnan menyampaikan, bahwa KPU telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan lanjutan sekaligus penelitian administrasi dari dua bapaslon yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar COVID-19 kemudian.

“Selanjutnya, kita akan melaksanakan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut nanti, sesuai dengan jadwal tahapan yang diatur dalam PKPU No 5 tahun 2020” Imbuhnya

Adnan juga menambahkan, setelah penyampaian hasil penelitian dan keabsahan dokumen hari ini, KPU akan memberikan kesempatan atau menjadwalkan untuk dilakukannya perbaikan, sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU Bone Bolango.

“Untuk penyerahan dokumen perbaikan syarat calon akan dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 19 sampai 21 September 2020. Selanjutnya, pengumuman dokumen perbaikan dilaksanakan tanggal 19 sampai 22 September 2020” ujar Adnan.

Adapun rapat tersebut juga dihadiri bawaslu Bone Bolango, perwakilan partai politik, serta LO atau tim penghubung dari kedua bapaslon.

Reporter: Mega
Editor  : Wawan Akuba