Untuk Indonesia

Korpri Pohuwato Gelar Vaksinasi Massal, Ini Targetnya

Dulohupa.id- Korps pegawai republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Pohuwato, menggelar kegiatan vaksinasi massal Covid-19 untuk masyarakat umum. Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari pencanangan hari ulang tahun (HUT) korpri ke 50. 

Ketua dewan pengurus Korpri Pohuwato, Usman Bay mengatakan, kegiatan itu untuk memaksimalkan program vaksinasi Covid-19 bagi ASN di lingkungan Pemkab Pohuwato. Dan juga mendukung terbentuknya herd immunity bagi kalangan ASN Pemda Pohuwato.

“Kegiatan vaksinasi massal ini dilakukan dalam rangkaian peringatan hari jadi Korpri, yang seharusnya jatuh pada tanggal 29 tapi kami percepat peringatannya. Vaksinasi ini juga terbuka untuk umum, tujuannya agar dapat membantu kinerja pemerintah dalam menyelenggarakan vaksinasi covid-19 di seluruh daerah khususnya di Pohuwato,” kata Usman Bay kJumat, (15/10/2021).

Kata Usman, pihaknya sendiri telah menyediakan sebanyak 260 dosis vaksin untuk vaksinasi massal tersebut. Menurutnya, stok vaksin di Pohuwato tinggal sedikit, diakibatkan beberapa minggu terakhir antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk divaksin.

“Sekitar 260 dosis vaksin disediakan. Keterbatasan stok vaksin di Pohuwato terjadi beberapa Minggu terakhir diakibatkan oleh membludaknya warga masyarakat yang ingin divaksinasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung berkat dukungan dari beberapa organisasi daerah yang turut terlibat. Elemen-elemen pendukung itu seperti KAHMI, HMI, PMII, KNPI, IKA PMII, Karang Taruna, dan BAPERA GPII.

Usman melanjutkan, meskipun dibuka secara umum, tapi penerapan protokol kesehatan saat vaksinasi tetap diperhatikan. Kekhawatiran membludaknya peserta ialah berpotensi melanggar protkes. Untuk itu, pelaksanaan vaksinasi diperketat dalam hal protokol kesehatan.

“Targetnya sebanyak-banyaknya. Kita dapat 260 orang dosis Sinovac. Masyarakat Alhamdulillah antusias, dan tak lupa kita imbau kepada masyarakat yang sudah divaksin agar selalu menerapkan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi,” ungkapnya

Irfan Saleh, Plt Kadis Kesehatan Pohuwato juga menyebutkan, bahwa pada beberapa minggu terakhir ini stok vaksin di Pohuwato berkurang. Kekurangan itu menurutnya karena antusias masyarakat saat mengikuti vaksinasi yang digelar pemerintah di setiap kecamatan menuai respon positif di masyarakat, yang menyebabkan stok vaksin menipis.

“Stok vaksin memang tinggal sedikit, bahkan ada beberapa puskesmas yang sudah kehabisan stok vaksin. Kita juga sudah mengusulkan ke pemerintah provinsi terkait kekosongan vaksin di Pohuwato,” kata Irfan.

Irfan juga mengimbau, masyarakat jangan terprovokasi dengan berita bohong mengenai vaksinasi, dan tidak takut lagi untuk datang ke tempat-tempat yang sudah disediakan untuk divaksin. Selain itu juga, ia meminta masyarakat agar tidak lengah di situasi sekarang ini. Meskipun capaian vaksinasi sudah membaik, tapi penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat harus tetap dijalankan, sebagai upaya memutus penyebaran covid-19.**

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.