Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Kontingen Blitar di Olimpiade Matematika dan Alquran Nasional, Optimis Juara

Dulohupa.id- Rombongan pelajar berprestasi Kabupaten Blitar yang mengikuti Olimpiade Matematika dan Al-Quran Nasional (Omatiq), optimis menang, atau setidaknya masuk dalam tiga besar.

Hal itu diungkapkan Kepala Cabang Yayasan Yatim Mandiri Cabang Blitar, Rifki Nurdiansyah. Kata dia, juara itu mungkin saja diraih melihat Omatiq tahun kemarin kelompoknya berada di dua belas besar.

Adapun kelompok yang mewakili Blitar di olimpiade bertaraf nasional itu adalah, delapan anak berprestasi. Mereka berasal dari Sanggar Srengat, Ponggok, Udanawu, Siraman, dan Selopuro. Kedelapan anak tersebut merupakan anak-anak yatim dhuafa yang kini dibina di Yayasan Yatim Mandiri cabang Blitar.

Menurut Rifki, sebelum delapan anak ini terpilih, sebelumnya pihaknya mengadakan seleksi online via zoom terhadap 150 peserta yang dilaksanakan pada bulan Oktober kemarin.

Usai diadakan seleksi ini, terpilihlah delapan orang anak yang dinyatakan lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti omatiq online nasional. Sebelum mengikuti lomba, kedelapan anak ini digembleng melalui Sanggar Genius yang masih di bawah naungan Yayasan Yatim Mandiri.

“Walaupun masih pandemi dan sekolah masih belum bisa berjalan secara normal, tapi semangat mereka sungguh luar biasa. Sehingga, Alhamdulillah semangat kami untuk terus memotivasi mereka juga tidak kendur,” ungkapnya, kepada dulohupa Rabu (11/10/2020).

Reporter: Achmad Zunaidi