Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Ketua KPU Pohuwato Ingatkan Petugasnya untuk Patuhi Protokol Kesehatan

Dulohupa.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, mengingatkan kepada setiap petugas penyelenggara pilkada, agar mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat dan daerah.

Hal ini diungkapkan Rinto saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Dana Hibah untuk Pilkada Pohuwato tahun 2020, di Aula KPU Pohuwato, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), harus menaati setiap protokol kesehatan saat menjalani kegiatan di lapangan. Hal ini berulang kali diingatkannya agar kondisi kesehatan setiap petugas tetap terjaga sampai dengan pelaksanaan tahapan pemilihan selesai.

“Pilkada tahun ini memang ada tantangannya, karena keadaan saat ini masih Pandemi. Meski begitu, seluruh petugas jangan sampai lalai dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar Rinto

Keseriusan KPU dalam menjaga penyebaran COVID-19 di lingkungan komisioner, anggota, dan petugas, bahkan dilakukan dengan cara membatasi peserta bimtek.

“Demi menjaga penyebaran COVID-19, pada bimtek ini kami hanya mengundang ketua, sekretaris, dan bendahara setiap PPK yang tersebar di seluruh kecamatan. Dan kami juga membatasi jumlah peserta dalam ruangan ini. Kapasitas ruangan yang kami sediakan hanya untuk 50 orang saja,” tambahnya.

Pembatasan kapasitas dalam ruangan tersebut menurutnya, “Sesuai instruksi dari PKPU Nomor 6 tahun 2020 tentang Pilkada dalam kondisi bencana non alam COVID-19, pelaksanaan di lapangan harus mematuhi protokol kesehatan. Dan KPU telah membekali APD lengkap kepada setiap petugas. Tapi harus tetap menaati protokol kesehatan,” tutupnya **(rtr/1)