Untuk Indonesia

Kembangkan UMKM, Pemda Bonebol Jalin Kerjasama dengan PT. Pegadaian

DULOHUPA.ID – Komitmen Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bone Bolango terus dipacu melalui pembiayaan dan pendanaan.

Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemda Bone Bolango dengan Badan layanan umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dalam hal ini PT. Pegadaian Persero yang digelar di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (25/7).

Melalui perjanjian ini, kedua pihak berkomitmen untuk mengembangkan usaha mikro melalui penyediaan data debitur, tenaga pendamping dan pendanaan.

kerja sama kedua pihak untuk melakukan pengembangan melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMI), dalam bidang pembiayaan UMKM yang mengedepankan sinergi antara program Pemerintah daerah dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou menjelaskan, kerja sama Pemda Bone Bolango dengan PT. Pegadaian Persero ini, pertama dilaksanakan di Indonesia, yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, mengembangkan usaha serta membantu mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat di Bone Bolango.

Baca Juga:  Meningkat, Jumlah Orang di Eksekusi Mati Tahun 2021 Sebanyak 579

“Kerja sama ini pertama di Indonesia, bagaimana pemerintah menginisiatif awal mencari pembiayaan pendanaan yang bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui UMKM. Tujuannya juga mengurangi kemiskinan yang tidak tergantung pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau Pendanaan dari pemerintah pusat”, jelas Hamim.

Selain itu kata Hamim, siapa saja masyarakat di Bone Bolango yang memiliki Usaha Mikro dapat diberi pinjaman, maksimal pinjaman yang dapat diberikan oleh PT. Pegadaian sebesar 10 juta rupiah.

“kami ingatkan pinjaman itu jangan sampai masyarakat menganggap bagi-bagi hadiah yang tidak harus dikembalikan.” Terangnya

Sementara, Kepala Divisi Treasuri Pegadaian, Endah Susiani mengatakan, dalam perjanjian kerja sama ini pemerintah daerah memiliki peran penting sebagai pihak paling mengetahui potensi UMKM di wilayahnya.

Baca Juga:  Fakta Dibalik Kasus Penganiayaan Bocah Asal Kotamobagu yang Tewas di Gorontalo

“Kami melihat potensi UMKM di Bone Bolango cukup banyak, seperti ada usaha produksi Kopi Pinogu, dan masi banyak lagi usaha kreatif masyarakat Bone Bolango yang memiliki nilai yang tinggi, ini adalah potensi yang bagus, sehingga kalau butuh dana tambahan bisa datang di pegadaian dan kami akan bantu”, jelas Endah.

Endah menerangkan, Seiring dengan Program Pemerintah terkait Ultra Mikro, PIP sudah menyalurkan kesemua daerah tapi lewat kerja sama Pemerintah Bone Bolango inilah yang pertama kali dilakukan karena melihat pemerintahnya yang penuh perhatian kepada masyarakat setempat.

“Kalau dari PIP itu dana pinjamannya pasti banyak sesuai kebutuhan masyarakat karena pinjamannya tidak terbatas. Saat ini Gorontalo sendiri hampir seribu UMKM dan pinjaman yang kita salurkan untuk Gorontalo saja sudah 4,9 Milyar Rupiah, Tandasnya. (DP/01)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.