Scroll Untuk Lanjut Membaca
PERISTIWA

Kapal Berbendera Canada Mati Mesin Di Perairan Celebes

26
×

Kapal Berbendera Canada Mati Mesin Di Perairan Celebes

Sebarkan artikel ini
kapal kanada mati mesin
Proses Penyelamatan Basarnas Gorontalo Pada Kapal Pesiar Berbendera Canada Yang Mati Mesin Di Perairan Celebes, Yang Sedang Menempuh Rute Manado-Nunukan. Foto/ist

Dulohupa.id – Kapal pesiar berbendera Canada yang mengangkut 5 orang penumpang (sekeluarga) asal Kanada mengalami mati mesin di perairan Celebes Sulawesi Tengah, pada Rabu (07/02/2024) kemarin, sekitar pukul 21.00 Wita.

Peristiwa tersebut dibenarkan Kasubsi OPS Gorontalo, Bagus Asrama, bahwa pihaknya mendapatkan laporan terkait adanya kapal pesiar (Yacht) berbendera Canada yang mengalami mati mesin di perairan Celebes Sulawesi Tengah hingga terus terbawa arus. Namun menurutnya, saat ini kapal pesiar tengah menempuh perjalanan menuju Kalimantan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kapal (oleh tim Basarnas), mereka (5 penumpang kapal pesiar) terus melanjutkan pelayaran menuju Nunukan (Provinsi Kalimantan Utara),” ujar Bagus kepada Dulohupa, di kantor Basarnas Gorontalo, pada Jumat (09/02/2024).

Kata Bagus, pihaknya sempat menawarkan bantuan pengawalan dalam perjalanan pelayaran tersebut, namun para turis itu hanya meminta bantuan pemantauan dari pihak Basarnas itu sendiri.

“Setelah itu kita koordinasikan dengan kantor Sar Tarakan (Provinsi Kalimantan Utara), untuk lebih lanjut melakukan pemantauan. Jadi mereka (turis asal Kanada) bergeser dari tempat ditemukan menuju Nunukan sekitar 30 jam, jadi besok (10/02) mungkin baru sampai,” pungkasnya.

Pihak Basarnas kemudian melakukan pemantauan perjalanan setiap dua jam sekali, untuk memastikan keamanan pelayaran dari warga negara asing itu. Diketahui, kapal pesiar berbendera Canada tersebut berangkat dari Manado, Sulawesi Utara menuju Nunukan, Kalimantan Timur.

banner