Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialLINGKUNGANPEMPROV GORONTALO

Kadis LHK Gorontalo Beri Pembinaan ke Polhut dan Penyuluh Kehutanan

47
×

Kadis LHK Gorontalo Beri Pembinaan ke Polhut dan Penyuluh Kehutanan

Sebarkan artikel ini
Polhut Gorontalo
Suasana kegiatan pembinaan kepada Polhut dan penyuluh kehutanan yang digelar Dinas LHK Provinsi Gorontalo. Foto: Nanang/PPID

Dulohupa.idDinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Gorontalo menggelar rapat pembinaan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kinerja polisi kehutanan (Polhut) dan penyuluh kehutanan. Kegiatan tersebut digelar di Bohulo Camp dan Eatery, Desa Dulamayo Selatan, kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Senin (03/6/2024).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, kepala dinas LHK Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka, Sekretaris DLHK Syahbuddin Buata, Ketua Ikatan Polisi Kehutanan Indonesia (IPKI) Provinsi Gorontalo, Joesef Talau, Kabid P2H dan KSDAE, Khairuddin, Kabid PDAS dan PM, Abd Salam Badu, serta jajaran pejabat Lingkup DLHK.

Fayzal Lamakaraka dalam sambutannya menegaskan, Polhut harus bisa membedakan apa yang dimaksud Patroli, pengawasan dan penertiban. Sebab apa yang diawasi itu bukan hanya sektor kehutanan, tapi melakukan pengawasan terhadap sektor lingkungan hidup.

“Jadi teman-teman Polhut ini bisa berkolaborasi antara kehutanan dan lingkungan, karena banyak kegiatan-kegiatan di bidang lingkungan yang harus kita awasi,” ujarnya.

Fayzal mencontohkan di Provinsi Gorontalo lagi marak permasalahan pertambangan tanpa izin (PETI) di dalam kawasan hutan dan di luar kawasan hutan. Persoalan tersebut jagan dianggap remeh oleh polisi kehutanan karena dianggap di luar tanggungjawab Polhut.

“Sehingga kita cuek dan tidak ada tindakan. Padahal PETI tersebut berdampak pada lingkungan dan disinilah peran Polhut bisa melakukan pengawasan. Karena Dinas LHK itu bukan kehutanannya, tapi ada lingkungan hidupnya,” paparnya.