Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kades Botubarani Jahit Masker dan Dibagikan Secara Gratis Kepada Wargannya

Dulohupa.id – Di tengah-tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Provinsi Gorontalo adalah slah satu Provinsi di pulau Sulawesi yang belum terpapar Covid-19. Meski demikian, masker yang merupakan salah satu alat pencegahan yang di jual di apotik-apotik itu ketersediaannya kurang.

Dengan minimnya ketersediaan masker yang di keluhkan masyarakatnya itupun yang menjadi dasar Irwan Lakoro Kepala Desa (Kades) Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, menjahit masker, tidak lain untuk melindungi masyarakat nya sendiri dari penyebaran Covid-19.

Irwan mengaku prihatin melihat masyarakatnya yang hanya menggunakan kain digunakan untuk menutupi hidung.

“Saya tanya kenapa tidak pakai masker, mereka bilang sudah tidak ada di jual ayah, sedangkan ini kami tinggal memakai kain bekas untuk ikat di hidung pengganti masker”. Ungkap Irwan saat di hubungi reporter Dulohupa.id  via WhatsApp. Senin, (31/3/20).

Keperihatinan Kades yang memiliki keterampilan menjahit itu, menggerakkan dirinya memanfaatkan mesin jahit bantuan yang belum terdistribusi ke masyarakat untuk menjahit masker.

“Saya sedih mendengar keluhan itu, dan kebetulan ada mesin jahit bantuan pemerintah yg belum di bagi ke masyarakat di balai desa, maka mesin ini yang saya pakai, dan kebetulan juga sy tau menjahit”. Terang Irwan.

Irwan mengaku, meskipun memiliki keterampilan menjahit, dirinya hanya mampu membuat sebanyak 100 lembar masker, disebabkan keterbatasan bahan dan tenaga.

“Saya hanya  mampu membuat 100 lembar masker, karena kain untuk masker sudah habis. Saya juga lelah, karena hanya bekerja sendiri” jelas Irwan (Erik)