Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Jokowi Ungkap Alasannya Cabut Perpres Izin Investasi Miras

77
×

Jokowi Ungkap Alasannya Cabut Perpres Izin Investasi Miras

Sebarkan artikel ini

Dulohupa.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut sejumlah butir pada Peraturan Presiden Nomor 10/2021 tentang Bidang usaha Penanaman Modal yang mengatur soal investasi di bidang industri minuman keras (miras).

“Bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol, saya nyatakan dicabut,” ungkap Jokowi pada Selasa (2/3).

Jokowi pun menyampaikan, bahwa keputusan tersebut setelah ia menerima masukan dari para ulama dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan ormas-ormas lainnya.

“(Pencabutan Perpres Izin Investasi miras) setelah saya menerima masukan-masukan dari ulama-ulama MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas lainnya, serta tokoh-tokoh agama yang lain dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah,” ungkap Jokowi.

Perpres 10/2021 sendiri terbit pada 2 Februari 2021, dan merupakan peraturan turunan UU Cipta Kerja. Secara spesifik memang Perpres tersebut tidak mengatur khusus miras, melainkan soal penanaman modal.

Dalam Perpres itupun, disebutkan bahwa investasi miras hanya diperbolehkan di Provinsi Bali, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Editor: Wawan Akuba