Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Jaga Negeri Dari Marabahaya, Melalui Tradisi Doa Bersama

111
×

Jaga Negeri Dari Marabahaya, Melalui Tradisi Doa Bersama

Sebarkan artikel ini
bupati Nelson Pomalingo, ketua pkk, sekda bersama tokoh adat melakukan doa bersama (Dua Lo Ulipu) (Ft.Humas)

DULOHUPA.ID- Di Kabupaten Gorontalo memiliki tradisi yang patut dilestarikan dan dibudayakan, tradisi ini dinamakan Dua Lo Ulipu atau doa untuk negeri. Tradisi Dua Lo Ulipu di kabupaten gorontalo dilaksanakan ditingkat kabupaten dan ditingkat kecamatan yang ada di kabupaten gorontalo.

Tradisi Dua Lo Ulipu atau doa untuk negeri ini biasanya dilaksnakan hari ke 3 lebaran Idulfitri, dan dilanjutkan doa di tingkat kecamatan.

Doa yang bertujuan untuk menjaga negeri jauh dari ancaman bahaya ini, dilaksanakan bersama dengan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, di pendopo rudis bupati (07/06719).

Mereka memanjatkan doa keselamatan kepada Sang Khalik demi kelangsungan pembangunan oleh pemerintah daerah yang aman, tenteram, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berdoa agar seluruh pemimpin -pemimpin di negeri ini diberikan umur panjang dan sehat selalu,” Ungkap Darwis Katili, salah satu tokoh adat yang juga Bate Lo Buungo.

Sementara itu, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, Dua Lo Ulipu tidak hanya dilaksanakan di Limboto, tetapi juga akan dilaksankan disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo. hal itu demi efisiensi waktu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyrakat.

“Hari ini kami gelar di tingkat kabupaten dan besok secara bergilir kami datang untuk melaksanakan di setiap kecamatan dalam rangka mendekatkan pelayanan ,” ujar Nelson.

Selain itu, pelaksanaan doa disetiap kecamatan tujuanya untuk mengajak seluruh masyrakat untuk mendoakan negeri, semakin banyak masyarakat yang mendoakan negeri, maka semoga akan memberi dampak yang baik untuk negeri. (DP/02)