Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEPERISTIWAPolda Gorontalo

Jadi Tersangka Korupsi, Mantan Bupati Boalemo Terancam 20 Tahun Penjara

163
×

Jadi Tersangka Korupsi, Mantan Bupati Boalemo Terancam 20 Tahun Penjara

Sebarkan artikel ini
Korupsi Bupati Boalemo
Mantan Bupati Boalemo, Darwis Moridu (topi putih) bersama tersangka lainnya saat digiring polisi. Foto: Yayan/Dulohupa

Dulohupa.id –  Mantan Bupati Boalemo periode 2017-2022, Darwis Moridu ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi proyek Jalan Usaha Tani (JUT) Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo tahun anggaran 2019.

Selain Darwis Moridu, ada 6 tersangka lainnya dari hasil penyelidikan dan penyidikan Direktorat Kriminal Khusus (Diskrimsus) Polda Gorontalo.

Kasubid Dirkrimsus Divisi 3 Polda Gorontalo, Kompol Tumpal Alexander menegaskan, 7 tersangka kasus korupsi JUT dijerat pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

“Pasal yang disangkakan adalah Pasal 2 dan 3 UU Tipikor, dengan ancaman paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun penjara,” ujar Kompol Tumpal dalam konferensi pers, Kamis (20/6/2024).

Sebelumnya dar hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ditemukan bahwa terdapat total kerugian negara sebesar Rp 2,4 milyar akibat dari proyek senilai Rp6,6 Miliar.

Polisi juga menyita aset properti dalam kasus ini termasuk rumah dan uang tunai senilai Rp 520 juta dari tersangka Darwis Moridu.

“Kami juga telah melakukan penyitaan terhadap uang senilai Rp525 juta sekian, termasuk kami juga menyita satu aset property berupa satu unit rumah beserta sertifikatnya,” jelas Kompol Tumpal.

Selanjutnya DIskrimsus Polda Gorontalo akan melimpahkan kasus ini ke pihak Kejaksaan jika berkas perkara sudah lengkap.

Reporter: Yayan