IPM Bone Bolango Meningkat Signifikan, Ini Angkanya

Dulohupa.id- Dalam lima tahun terakhir, angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bone Bolango meningkat secara signifikan. Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Bone Bolango, Basir Noho pada refleksi kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 di halaman kantor Bupati Bone Bolango, Jumat (18/12/2020).

“Kabupaten Bone Bolango merupakan Kabupaten yang tertinggi IPM nya di antara kabupaten lain di Provinsi Gorontalo. Sedikit lagi kita akan mencapai target daerah maju,” kata Basir Noho ketua Bappeda Bone Bango.

Basir menjelaskan, bahwa IPM Bone Bolangopada pada 2015 berada pada angka 66,83, namun pada 2020 meningkat hingga mencapai angka 69,98. Kata Basir, hanya selisih angka 0,2 untuk mencapai angka 70, sehingga menjadikan kategori daerah maju.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengungkapkan, bahwa capaian tersebut menunjukan program dan kegiatan pemerintah setempat, sudah sesuai atau on the track.

“Capaian ini yang luar biasa. Apalagi pada masa pandemi COVID-19, bencana alam, serta pilkada. Akan tetapi Bone Bolango justru mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” kata Hamim Pou.

Hamim pun optimis, angka IPM tersebut akan meningkat hingga angka 70 pada 2021 nanti.

“Alhamdulillah sedikit lagi menyentuh angka kategori IPM tinggi yaitu 70. Mudah-mudahan tahun depan kami akan menjadikan daerah Bone Bolango maju dan berkembang,” pungkasnya.

Reporter: Mega