Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINE

[Hoaks] Tentara Cina Mendarat di Bandara Manado, Kuasai Tambang Emas

56
×

[Hoaks] Tentara Cina Mendarat di Bandara Manado, Kuasai Tambang Emas

Sebarkan artikel ini
Tentara Cina
Tangkapan Video Hoaks dengan narasi tentara Cina mendarat di Bandara Samratulangi Manado. (Twitter)

Dulohupa.id – Sebuah video beredar di media sosial dengan narasi “Tentara China terang-terangan mendarat di Bandara Samratulangi Manado, Selamat buat pendukung 02 kita telah berkolaborasi dgn warga Thiongkok, Tentara Thiongkok telah masuk ke NKRI untuk menguasai wilayah tambang emas terbesar di dunia”.

Video itu dibagikan @AzwirWin2 pada tanggal 4 April 2024 di media sosial Twitter.

Dalam video memuat sejumlah tentara berseragam berbaris dengan latar belakang pesawat berlogo Lion Air. Benarkah dalam video terbut adalah tentara China?

Hasil Penelusuran

Cek Fakta Dulohupa menelusuri video tersebut menggunakan Google lens dan hasilnya sudah ada beberapa media Nasional telah memberitakannya. Seperti yang diberitakan cekfakta.tempo.co. Tempo telah menelusuri video tersebut pada 9 Oktober 2023 dengan judul “Menyesatkan, Tentara Cina Mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado untuk Memusuhi Indonesia.

Video tersebut ternyata hoaks dan muncul lagi ke publik dengan narasi yang berbeda.

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, bahwa pasukan dalam video itu bukanlah tentara asal Cina yang datang ke Sulawesi Utara. Mereka adalah pasukan Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia yang akan diterbangkan ke Papua.

Dikutip dari Repubika.co.id pada 3 Februari 2023, Corporate Communication Strategic PT Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menyatakan bahwa narasi yang beredar atas video tersebut adalah hoaks.

Danang menjelaskan pasukan dalam video tersebut merupakan pasukan Brigade Mobil (Brimob) Polri yang menggunakan penerbangan Lion Air sebanyak dua kali ke Papua yakni tanggal 28 dan 31 Desember 2022. Demikian juga isi berita Kompas.com yang tayang 4 Februari 2023.