Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINE

[Hoaks] Kubu Prabowo Ngamuk Usai Puan Putuskan Setujui Hak Angket

670
×

[Hoaks] Kubu Prabowo Ngamuk Usai Puan Putuskan Setujui Hak Angket

Sebarkan artikel ini
Hak Angket
Tangkapan video ricuh DPR RI yang diklaim kubu Prabowo mengamuk karena usulan hak angket disetujui/Twitter

Dulohupa.id – Sebuah video dengan narasi “KUBU PRABOWO MENGAMUK USAI PUAN PUTUSKAN SETUJUI HAK ANGKET” beredar di media sosial Twitter. Video itu diposting salah satu akun @InonIskandar88, Senin (25/3/2024) atau 14 jam yang lalu. Video itu telah ditonton 75 ribu penayangan.

Dalam video memperlihatkan sejumlah anggota DPR RI ricuh dan mengepung pimpinan persidangan. Sejumlah petugas berupaya mengamankan situasi yang tak terhindarkan tersebut.

Hasil Penelusuran

Setelah ditelusuri Tim Cek Fakta Dulohupa menggunakan Google Lens, video ricuh tersebut terjadi pada sidang Paripurna perdana DPR Ri periode 2014-2019 yang berlangsung pada 1 Oktober 2014 di Ruang Sidang Paripurna Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Potongan video yang beredar juga sama persis dengan video yang diupload Youtube Kompas TV pada 2 Oktober 2014 dengan judul “Celotehan Popong di Panasnya Sidang Paripurna”. Dalam video asli yang diunggah Yotube Kompas TV, tidak ditemukan adanya kubu Prabowo sedang marah-marah akibat usulan hak angket yang disetujui Puan Maharani selaku pimpinan DPR RI.

Kesimpulan

Video yang beredar di Twitter dengan narasi “KUBU PRABOWO MENGAMUK USAI PUAN PUTUSKAN SETUJUI HAK ANGKET” adalah hoaks. Video yang terjadi pada sidang DPR 1 Oktober 2014 silam itu telah dipotong dan diedit.

Sumber Rujukan:

https://x.com/InonkIskandar88/status/1772268573542453325?t=_chcN7xRXLj3ISp2YBavGA&s=08