Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hewan Kurban di Kabupaten Bone Bolango Bebas Dari Penyakit

DULOHUPA.ID – Jelang Hari Raya Idul adha 1440 Hijriaah, pemerintah Kabupaten Bone Bolango mulai melakukan pemeriksaan kesehatan sapi kurban yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Sejak awal bulan agustus hingga saat ini, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Jumat (9/8)

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Roswaty Agus menjelaskan, Hal utama yang diperiksa pada hewan kurban ini yaitu kesehatan dan kelayakan hewan kurban sesuai syariat islam. Dari hasil pemeriksaan, dipastikan seluruh calon hewan kurban yang ada di Kabupaten Bone Bolango bebas dari penyakit dan sudah layak sesuai syariat islam.

Sesuai data dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, hingga saat ini, hewan kurban yang suda diperiksa dan dinyatakan sehat sebanyak 870 ekor.

“Sejak tanggal 1 agustus 2019, Tim kami telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Seluruh calon hewan kurban yang diperiksa dinyatakan sehat dan layak sesuai syariat islam.” Jelas Roswaty

Roswaty juga menambahkan, ternak yang ada di Kabupaten Bone Bolango dipastikan aman, karena pemeriksaan kesehatan hewan tidak hanya dilakukan saat Hari Raya Idul Adha, tetapi pemeriksaan dan pengawasan dilakukan secara berkala oleh petugas kesehtan hewan.

Bagi masyarakat di Kabupaten Bone Bolango yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, diharapkan sebelum melakukan penyembelihan, dapat memeriksakan kelayakan hewan tersebut kepada petugas kesehatan hewan. (DP/01)