Harapan Pemkot Kepada Lembaga Adat Dulohupa

Dulohupa.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melantik Pengurus Lembaga Adat Dulohupa Kota Gorontalo periode 2020-2025.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono mengatakan, pelantikkan pengurus adat Dulohupa Kota Gorontalo dari berbagai kecamatan ini, diharapkan mampu melestarikan adat yang ada Kota Gorontalo, terutama di wilayahnya masing-masing.

“Pengurus yang baru dilantik ini dapat membahas dan menyepakati berbagai masalah teknis dan prosedur adat, khususnya pada lingkup buatulo toulongo yang masih sering terjadi di lingkungan adat. Padahal dalam lingkungan adat sudah ada instrumen adat kita yakni janji leluhur Ma Dili Dilito Bolo Mopo Ayito,”ujar Ryan di Bhandayo Lo Yiladia rudis Wali Kota Gorontalo pagi tadi, Sabtu (12/12).

Ryan mengungkapkan, upaya pelestarian budaya juga sebelumnya telah dilakukan pemkot dengan melakukan kunjungan kerja kesultanan ke Ternate dan Tidore. Di sana kata Ryan,  pihaknya banyak belajar tentang adat atau budaya yang ada di kota tersebut.

“Sebagai masukan kepada kita semua, pada akhir tahun lalu kami pemerintah kota yang dipimpin langsung bapak wali kots telah melakukan kunjungan kerja ke kesultanan Ternate dan Tidore. Bahkan setelah kegiatan tersebut lembaga adat dengan personil terbatas setelah melakukan studi komparatif berkaitan adat istiadatnya yang merupakan satu kawasan yang sama dengan wilayah adat kita,” ungkap Ryan.

Adapun kata Ryan, berbicara soal adat, maka perlu adanya kolaborasi berbagai instansi Pemkot Gorontalo, serta pemerintah Provinsi Pemprov Gorontalo, bahkan DPRD Provinsi Gorontalo dan lembaga Adat Dulohupa Kota Gorontalo.

“Sehingga berbagai diskusi atau pertemuan yang dilaksanakan oleh pemkot, provinsi, bahkan DPRD provinsi mengenai rekonstruksi kerajaan Gorontalo, bisa kita bicarakan,” tutup Ryan.

Reporter: Yusuf Konolo