Gubernur: Gorontalo Siap Menerima Suntikan Vaksin Sinovac

Dulohupa.id– Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie memastikan Gorontalo siap menjalani vaksin perdana, Jumat (15/1). Vaksin perdana untuk wilayah Gorontalo akan terpusat di Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie, Kabupaten Gorontalo.

Kesiapan RS Ainun sendiri hingga saat ini menurut Rusli Habibie sudah hampir mencapai seratus persen.

“Hari ini saya bersama, Ibu Ida Syahidah dan jajaran Forkopimda lainya mengecek kesiapan lokasi penyuntikan perdana dan sesuai janji saya. Saya orang yang pertama menerima vaksin,” tegas Rusli Habibie saat melakukan peninjauan kesiapan RS Ainun Habibie, Kamis (14/1).

Rusli mengatakan, Sebagai lokasi pemberian vaksin, RS Ainun Habibie harus tetap dalam kondisi steril. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Setelah saya, ada juga Kapolda Gorontalo, Kejati dan Danrem akan menjadi contoh untuk membuktikan kepada seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo Vaksin Halal, Vaksin ini tidak seperti yang beredar di Medsos itu Hoaks,” tambahannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengatakan, penyuntikan vaksin untuk wilayah Gorontalo akan di mulai dari RS Ainun Habibie. Pesertanya berjumlah  19 orang. Yakni, Gubernur Gorontalo, Forkopimda, Pimpinan organisasi profesi dan perwakilan dari unsur keagamaan (Kemenag).

Namun. daftar ini bisa saja berubah, tergantung hasil screaning kesehatan dari calon penerima vaksin itu sendiri, Sesaat sebelum menerima vaksin.

“Besok launching tingkat Provinsi akan dilakukan sekitar pukul 08.00 wita di RS Hasri Ainun Habibie, untuk data itu bisa saja bertambah atau berkurang, karena pihak kami akan melakukan screening terlebih dahulu,” ungkapnya.

Selanjutnya menurut dr Yana, Vaksin akan dilanjutkan serentak oleh 3 Kabupaten yakni, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango.

 

Reporter: Fandiyanto Pou