Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Gubernur Gorontalo Imbau Warga Salat Idul Fitri di Rumah

Dulohupa.id – Warga Gorontalo diimbau untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah. Imbauan itu disampaikan oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.Imbauan ini sejalan dengan surat edaran Menteri Agama No 6 tahun 2020 serta Fatwa MUI No 28 tahun 2020 tentang panduan salat Id saat pandemi Covid-19.

“Sudah diputuskan oleh Pak Presiden agar dipatuhi perintah untuk tidak melaksanakan salat idulfitri baik di lapangan atau di masjid. Imbauan MUI, Muhamadiyah, NU, Kementerian Agama, diimbau seluruh masyarakat. Tujuannya apa? Agar tidak terjangkit,” ucap Rusli dalam sambutannya pada penyerahan bantuan pangan bersubsidi di Kecamatan Hulondalangi, Rabu (20/05/2020).

Ucapan Rusli bukan hanya imbauan kosong belaka. Gubernur dua periode tersebut juga akan melaksanakan salat id di rumah jabatannya bersama keluarga inti. Dengan contoh itu ia berharap masyarakat nantinya mengikuti.

“Ini untuk apa? Untuk kebaikan kalian. Kalau saya tidak sayang rakyat saya, untuk apa saya begini. Saya sayang, saya bertanggung jawab terhadap rakyat saya agar tidak tertular dengan corona ini. Lebih baik di rumah dulu ya dari pada di rumah sakit,” lanjut Rusli.

Selain membagikan bantuan bersubsidi di Kecamatan Hulondalangi, Rusli juga menyerahkan bantuan serupa di Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo. Sebanyak 1000 paket di masing-masing kecamatan disalurkan oleh Rusli dan istrinya Idah Syahidah.

Bantuan yang disubsidi oleh Diskumperindag dan di gratiskan oleh Baznas Provinsi Gorontalo itu berisi beras lima kg, gula satu kg, telur 10 butir, minyak satu liter. Ada juga ikan satu kg, bawang merah, bawang putih dan rica masing-masing setengah kilogram.

Dengan bantuan ini Rusli berharap mampu mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.(Adv)