Untuk Indonesia

Flash News: Sungai Tibawa Meluap, Mulai Merendam Rumah Warga

Dulohupa.id– Curah hujan yang tinggi membuat sungai di Desa Datahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, meluap. Pantauan Dulohupa.id, sejak pukul 17.45 sampai pukul 18.30 air sungai sudah mencapai rumah warga di desa tersebut. Bahkan, air sudah sejajar dengan Jembatan Molalahu II yang tepat berada di perbatasan Desa Datahu dan Desa Botumoputi.

Hal ini pun membikin warga panik. Asura Dungio (50) yang tinggal berdekatan dengan aliran sungai mengatakan, mereka saat ini sudah bersiap-siap mengungsi. Sebab, kwatir jika air sungai akan merendam rumah mereka.

“Torang (kami) di sini so siap-siap, tako dengan air yang hampir naik kemari ke dalam rumah, apalagi dapur yang hampir roboh begini,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (30/01) sore.

Ia pun mengakui, bahwa memang lokasi tersebut adalah kawasan rawan banjir. Apalagi jika diguyur hujan deras dalam waktu yang lama. Saat ini kata dia, biasanya kebun-kebun di dekat sungai akan lebih dulu terendam.

Lanjut Asura, beberapa masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai, telah mengungsi ke tempat lebih tinggi atau ke rumah keluarga.

“Kalau air so masuk di rumah, kami di sini akan pindah ke rumah keluarga kami yang tidak kena banjir,” katanya.

Ia pun berharap, pemerintah akan segera membuatkan tanggul di wilayah tersebut.

“Torang (Kami) berharap dan sangat berharap kepada pemerintah agar di buatkan tanggul,” harapanya.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.