Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Enam Tips Liburan di Tengah Pandemi COVID-19

Dulohupa.id – Liburan menjadi salah satu aktivitas di tengah pandemi yang juga penting dilakukan. Sebab, aktivitas ini dipercaya dapat membikin diri tetap bahagia dan terbebas dari stres. Buntutnya, akan memengaruhi daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh.

Namun, liburan pun sebetulnya tak bisa begitu saja dilakukan. Karena liburan di tengah pandemi berisiko terpapar virus SAR-COV-2 penyebab COVID-19. Dikutip dari merdeka.com, Ketua Departemen Epidemiolog Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono membagikan kiat liburan sehat di tengah Pandemi Covid-19. Beberapa kiat yang bisa Anda lakukan di antaranya:

1. Menghindari zona merah dan oranye COVID-19

2. Pastikan diri Anda sehat, terlebih jika lokasi yang dituju berada di zona merah atau oranye

3. Tidak disarankan menghabiskan liburan dengan berenang di pantai

4. Petakan lokasi yang dikunjungi, hindari lokasi dengan ruangan tertutup dan minim matahari

5. Selalu patuhi protokol 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

6. Jika perlu, gunakan face shield sebagai alat pelindung tambahan

Tri mengatakan, lokasi yang paling aman untuk dikunjungi masyarakat saat liburan panjang adalah zona hijau COVID-19. Zona hijau menunjukkan, wilayah tersebut tidak memiliki kasus COVID-19. Tak hanya zona hijau, zona kuning COVID-19 juga diperbolehkan, tetapi dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan tips di atas, risiko penularan covid-19 saat liburan akan terminimalisir.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor