Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Empat Paslon Pilkada Pohuwato Telah Mendaftar dan Memenuhi Syarat

Dulohupa.id – Sebanyak empat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, telah resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Berkas pendaftaran dari keempat paslon tersebut juga telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

“Jadi bapaslon (paslon) terakhir yang mendaftar itu pasangan Iwan Adam – Zunaidi Z. Hasan, dan totalnya ada dua bapaslon (paslon) yang mendaftar hari ini. Jadi dua pasangan yang mendaftar hari ini itu, semua berkasnya telah memenuhi syarat dan lengkap dan selanjutnya akan kami lakukan tahapan penelitian,” kata Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali saat dikonfirmasi, Sabtu (5/9).

Meski begitu, kata Rinto  bahwa status pencalonan dari empat pasangan itu masih bakal calon (balon), belum calon. Sebab, penetapan calon itu sendiri nanti dilakukan pada 23 September 2020, yang kemudian dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut pada hari berikutnya, dan lalu kampanye.

“Jadi untuk selanjutnya, kepada bapaslon (paslon) yang kita sudah terima dan beri tanda terima dokumen bapaslon (paslon) tersebut akan kami lakukan penelitian soal keabsahan kelengkapan berkas,” ungkap Rinto.

Sebab kata Rinto, berkas tersebut akan diteliti terlebih dahulu dari sisi keabsahannya. Apalagi khusus untuk dokumen calonnya. Sebab jika ada kekurangan, pihaknya akan mengumumkannya, dan memberikan kesempatan perbaikan dokumen hingga 16 September mendatang.

Di akhir wawancara Rinto berharap, kepada masing-masing pendukung paslon agar bisa menjaga situasi tetap kondusif sampai perhelatan demokrasi selesai. Jika semua tahapan sukses dijalankan, maka ia yakin tahapan selanjutnya akan berjalan dengan lancar dan aman.

“Artinya, ketika terjadi chaos, ini juga akan memperngaruhi setiap tahapan pelaksanaan yang akan kami laksanakan terganggu. Maka dari itu, harapan lainnya juga kepada Bapaslon (paslon), masyarakat pendukung, tim sukses agar terus menjaga stalibitas keamanan, karena kesusuksesan pilkada itu juga tergantung dari stabilitas tersebut,” tutup Rinto.

Reporter : Zulkifli Mangkau
Editor   : Wawan Akuba