Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Doni Monardo: Swab Test untuk Tracing Contact Pasien COVID-19 itu Gratis

Dulohupa.id  – Puskesmas menyediakan layanan tes usap atau Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis, untuk mereka ang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Hal itu seperti yang dikatakan Doni Monardo, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, dalam acara bertajuk “44,9 Juta Orang Yakin Kebal COVID-19, Apa yang Harus Kita Lakukan?” di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, belum lama ini.

“Untuk yang di Puskesmas seharusnya gratis (tidak dipungut biaya), karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Satgas COVID-19,” tandas Doni Monardo dikutip dari website resmi BNPB beberapa waktu lalu.

Sehingga itu kata Doni, masyarakat dipersilahkan melaporkan jika ada pungutasn biaya tes swab PCR untuk masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19.

“Silakan segera dilaporkan kepada Satgas COVID-19 setempat maupun otoritas terkait lainnya,” tegasnya.

Adapun kata Doni, bahwa hal itu dilakukan agar masyarakat tidak terbebani. Lagian, hal itu bagian dari upaya terbaik dalam memutus rantai penularan COVID-19.

“Beban kepada masyarakat tidak boleh terlalu berat, apalagi untuk melakukan pemeriksaan spesimen,” kata Doni Monardo. “Sejauh ini, mereka yang kontak erat dilakukan tracing itu seharusnya gratis. Tidak boleh ada pungutan sebesar apapun. Seharusnya gratis,” tutup Doni.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Redaksi