Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

DLHK Surati PT Wilmart Karena Tak Memasukan Laporan Pemantauan Lingkungan

Dulohupa.id – Sejak beroperasi beberapa tahun lalu, PT Wilmart Biyatama Abadi, yang melakukan aktivitas Galian C di Kabupaten Boalemo, tidak pernah sekalipun memasukan laporan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) setempat.

Padahal, dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup menyatakan, setiap usaha dan atau kegiatan wajib melaporkannya aktivitas pengelolaan lingkungannya setiap enam bulan sekali.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Boalemo mengungkapkan, telah dua kali melayangkan surat pemberitahuan, agar memasukan laporan aktivitas per 6 bulan tersebut. Meski begitu, surat itu rupanya tidak diindahkan oleh pihak perusahaan.

“Iya benar, sudah dua kali kami melayangkan surat ke mereka, untuk memasukan laporan aktivitas, per semester (6 bulan). Tapi, belum ada sama sekali,” ungkap Rolly Lumingas belum lama ini.

Rolly mengungkapkan, laporan ini penting untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan terhadap lingkungan. Selain itu, juga terhadap dampak sosial. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya dapat segera mencarikan solusi.

PT Wilmart sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekplorasi Batu Split atau Batu Pecah yang beroperasi di lahan seluas 104 Hektare di desa Limbatihu dan Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo.**(rtr/1)