Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPEMKOT GORONTALO

Dishub akan Kelola 18 Titik Parkir di Kota Gorontalo yang Pakai Sistem QRIS

141
×

Dishub akan Kelola 18 Titik Parkir di Kota Gorontalo yang Pakai Sistem QRIS

Sebarkan artikel ini
Parkir QRIS
Suasana tempat parkir di depan Citimall Kota Gorontalo. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Tahun 2024 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Gorontalo bakal kelola 18 titik parkir yang akan mengunakan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau pembayaran parkir secara non tunai.

Pengelolaan parkir oleh pemerintah nantinya bertujuan untuk mendatangkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD), dengan memperhatikan lokasi-lokasi yang strategis atau pertumbuhan ekonominya baik untuk dijadikan titik parkir.

18 titik parkir itu tersebar di lokasi yang banayk dikunjungi masyarakat seperti di tempat pertokoan, Mall, Pasar Sentral, Kalimadu dan sebagainya.

Dari keterangan Rahmanto Idji, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Dishub, bahwa nantinya masyarakat sekitar akan dilibatkan untuk membantu mengolah tempat-tempat parkir yang ada, Jumat (12/01/2024).

“Nanti juga itu, kita sementara membuat Perwako (Peraturan Wali Kota) tentang penyelenggaraan parkir. Dimana didalam Perwako itu akan kita atur tentang sanksi-sanksi dan tindak dari pelanggaran-pelanggaran parkir,” beber Rahmanto kepada awak media.

Pihak Dishub nantinya akan mengundang para pengelola dan juru parkir (jukir) untuk mensosialisasikannya. Selain itu, menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Hermanto Saleh, mengatakan bahwa akan memasang spanduk-spanduk terkait penggunaan QRIS, agar diketahui masyarakat secara luas.

“Mungkin untuk pemilik kendaraan, tidak juga akan susah untuk scan barcode karena nanti ditanda pengenal jukir, itu kita akan taruh barcode QRIS. Kita akan mudahkan nanti untuk penerapannya,” papar Hermanto.

Reporter: Yayan