Untuk Indonesia

Diduga Terlibat Perjudian, Mahasiswa Desak Kades Pilobuhuta Dipecat

Dulohupa.id- Kasus beredarnya foto Kepala Desa Pilobuhuta yang diduga sedang bermain judi, kini berbuntut panjang. Sejumlah warga dan mahasiswa di Kabupaten Gorontalo, melakukan demo di depan kantor DPRD setempat, mendesak pemecatan terhadap kepala desa tersebut. 

Pantauan Dulohupa.id, masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Desa Pilobuhuta itu datang ke kantor DPRD Kabupaten Gorontalo untuk  menyampaikan aspirasi terkait perilaku Kades Pilobuhuta.

Dalam aksi tersebut, warga membawa karton berisi foto yang kades sedang main judi. Hal itu mereka lakukan untuk menunjukkan bukti otentik, dengan harapan apa yang disuarakan terwujud.

“Kami datang ke sini untuk meminta anggota DPRD Kabupaten Gorontalo untuk mengeluarkan rekomendasi pemecatan terhadap Kades Pilobuhuta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo,” ujar salah satu orator masa aksi, Aslan Hamzah, siang tadi, Selasa (22/6). 

Lebih lanjut kata Aslan, Ia menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Kades Pilobuhuta tidak mencerminkan sikap seorang pemimpin. Sebab kata dia, perilaku yang dilakukannya bertolak belakang dengan sosok pemimpin, bahkan dinilai krisis moral.

Selain itu juga ia meminta kepada DPRD Kabupaten Gorontalo untuk menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kades Pilobohuta, Pemerintah Kabupaten, dan BPD Pilobuhuta. 

“Seorang pemimpin harus menjadi contoh dan pengayom masyarakat, serta mensejahterakan masyarakat. Bukan melakukan perbuatan yang tak terpuji seperti ini,” tandas Aslan. 

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo, Eman Mangopa mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat Pilobuhuta. Ia pun setuju dengan anggapan bahwa tindakan kades tersebut tidak mencerminkan sikap seorang pemimpin. 

“Apa yang terjadi saat ini sangat miris. Sehingga naif jika DPRD membiarkan hal ini. Kami pun akan segera melakukan RDP terkait persoalan ini dengan secepat mungkin,” tutup Eman.

Sebelumnya, sebuah foto beredar luas terutama di kalangan masyarakat Desa Pilobuhuta, Kabupaten Gorontalo. Dalam foto tersebut, tampak Kepala Desa (Kades), Hamza Meloku yang baru saja dilantik, sedang memegang kartu yang diduga adalah domino.  Sementara bersamanya di meja berbentuk persegi tersebut, tampak ada lima lelaki lainnya yang juga sedang bermain. Mirisnya, ada sejumlah uang dan botol minuman di meja tersebut. Beberapa orang yang melihat foto itu pun, berspekulasi jika Hamza Meloku tersebut sedang bermain judi.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.